Pohon Biner Lanjutan
Struktur Data - Pertemuan 15
"Pohon Biner Lanjutan"
Pohon (Tree) adalah graf terhubung yang tidak mengandung sirkuit. Karena merupakan graf terhubung maka pada pohon selalu terdapat path atau jalur yang menghubungkan kedua simpul di dalam pohon. Pohon dilengkapi dengan Root (akar).
Dalam ilmu komputer, sebuah pohon biner (binary tree) adalah sebuah pohon struktur data dimana setiap simpul memiliki paling banyak dua anak. Secara khusus anaknya dinamakan kiri dan kanan. Penggunaan secara umum pohon biner adalah Pohon biner terurut.
I. Proses
a. Inisialisasi
b. Pembuatan sebuah simpul
c. Pembuatan simpul akar
d. Penambahan (insert) simpul kedalam sebuah pohon
e. Penghapusan (delete) simpul dari sebuah pohon
f. Pembacaan/penelusuran pohon biner
II. Deklarasi simpul
struct Node{
int INFO;
struct Node *LEFT;
struct Node *RIGHT;
};
Node *ROOT, *P, *Q, *R;
III. Proses Inisialisasi
void Inisialisasi()
{
ROOT=NULL;
P=NULL;
}
IV. Pembuatan sebuah simpul
void BuatSimpul(int x)
{
P=(Node *)malloc(sizeof(Node));
if(P!=NULL)
{
P->INFO=x;
P->LEFT=NULL;
P->RIGHT=NULL;
}
else
cout<<”Pembuatan simpul gagal”;
}
V. Menjadikan sebuah simpul menjadi simpul akar
void BuatSimpulAkar(void){
if(ROOT==NULL){
if(P!=NULL){
ROOT=P;
ROOT->LEFT=NULL;
ROOT->RIGHT=NULL;
}
else
cout<<”Simpul Belum Dibuat”;
}
else
cout<<”Root sudah ada”;
}
Komentar
Posting Komentar