Circular Linked List

Struktur Data - Pertemuan 16

"Circular Linked List"


Circular linked list adalah linked list di mana semua node terhubung untuk membentuk lingkaran. Tidak ada NULL di bagian akhir. Circular Linked List dapat berupa circular single linked list atau circular double linked list.


Keuntungan dari Circular Linked Lists:

1) Setiap simpul bisa menjadi titik awal. Kami dapat melintasi seluruh daftar dengan mulai dari titik mana pun. Kami hanya perlu berhenti ketika simpul yang dikunjungi pertama dikunjungi lagi.

2) Berguna untuk implementasi antrian. Tidak seperti implementasi ini, kita tidak perlu mempertahankan dua pointer untuk depan dan belakang jika kita menggunakan daftar tertaut melingkar. Kita dapat mempertahankan pointer ke node yang dimasukkan terakhir dan depan selalu dapat diperoleh sebagai berikutnya dari yang terakhir.

3) Daftar lingkaran berguna dalam aplikasi untuk berulang kali berkeliling daftar. Misalnya, ketika beberapa aplikasi berjalan pada PC, sistem operasi biasanya meletakkan daftar aplikasi yang sedang berjalan dan kemudian menggilirnya, memberi mereka masing-masing sepotong waktu untuk dieksekusi, dan kemudian membuatnya menunggu sedangkan CPU diberikan ke aplikasi lain. Lebih mudah bagi sistem operasi untuk menggunakan daftar bundar sehingga ketika mencapai akhir daftar, ia dapat berputar ke depan daftar.

4) Circular Doubly Linked Lists digunakan untuk implementasi struktur data tingkat lanjut seperti Fibonacci Heap.


Circular Single Linked List adalah singly Linked List dimana link simpul terakhir bukan diisi dengan null, tetapi diisi dengan alamat simpul pertama yaitu simpul yang ditunjuk oleh pointer FIRST, sehingga menciptakan efek melingkar’ sesuai arah jarum jam’



Perbedaan antara Linearly Singly Link List dengan Circular Singly Link List terletak pada simpul terakhir. Dengan demikian proses pada Linearly dengan Circular sama kecuali penanganan simpul terakhir. 

Komentar

Postingan Populer